PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (PBSI)

Tiga Mahasiswa Filipina Belajar Bahasa Indonesia di UMK

Di ruangan berkarpet merah, tiga mahasiswa asing terlihat gembira ketika mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia di ruang Micro teaching, gedung L, lantai II Universitas Muria Kudus. Meskipun agak susah melafalkan kata dalam bahasa Indonesia, mereka tetap serius dan semangat belajar bahasa Indonesia.

 

Siang itu, langit kota Kudus tampak panas. Suasana yang panas tidak menyurutkan semangat tiga mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia, di ruang Micro Teaching. Tiga mahasiswa asing itu berasal dari  Filipina. Mereka terdiri dari Satu laki-laki dan dua perempuan. Sebelum pembelajaran mereka menunggu Eko Widianto di depan Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Eko adalah dosen Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Muria Kudus.

Setelah menunggu sebentar, Eko kemudian mengajak tiga mahasiswa itu naik ke lantai II gedung L di ruang Micro teaching, Kamis (5/9) sekitar pukul 12.50 WIB. Pembelajaran bahasa Indonesia dimulai pukul 13.00 WIB tepat.

“Siang ini kita akan belajar bahasa Indonesia,” kata Eko Widianto kepada tiga mahasiswa asing. “Yes, siap pak Eko” kata salah seorang mahasiswa, dengan lafal yang belum sempurna. Pembelajan siang itu temanya adalah perkenalan. Eko menggunakan alat peraga.

Tiga mahasiswa tersebut duduk di kursi depan. Dua perempuan terlihat memakai jas dengan baju dalam berwarna putih. Sedangkan seorang laki-laki memakai celana jeans cream, dipadukan dengan baju putih lengan pendek. Mereka tampak senang dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia.

Ketiga mahasiswa asing tersebut datang ke UMK melalui program pertukaran mahasiswa yang merupakan bagian dari program dari Southeast Asian Technical and Vocational education and training (SEA TVET). Technical and Vocational Education and Training (TVET) merupakan salah satu dari tujuh bidang prioritas untuk pendidikan di wilayah Asia Tenggara dan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organisation) mulai tahun 2015 -2035. SEAMEO adalah organisasi yang anggotanya 11 Kementrian Pendidikan di Asia Tenggara. Mereka di UMK mulai tanggal 3 September dan berakhir sampai 27 September 2019.

“Kegiatan utama mahasiswa asing datang ke UMK yaitu magang pendidikan bagi yang kependidikan. Yang nonkependidikan mereka buat proyek sesuai keilmuannya. Kegiatan lainnya mereka akan dikenalkan dengan budaya Kudus dan diajarkan juga bahasa Indonesia.” Tutur Mutohar, ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Universiatas Muria Kudus, saat ditemui di Kantor PBSI, Kamis siang (5/9).

Ia menambahkan, “Dua mahasiswa akan praktik mengajar di SD Unggulan Muslimat NU Kudus, sedangkankan satunya akan magang membuat proyek bersama mahasiswa sistem informasi Universitas Muria Kudus.” Kata Mutohar.

Eko Widianto sudah terbiasa mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing di UMK karena ia merupakan pengajar BIPA Universitas Muria Kudus. Ia pernah mengajar Bahasa Indonesia di Tunisia dan Vietnam. Meskipun mengajar bahasa Indonesia, Eko juga lancar berbicara dengan bahasa Inggris.

 “Sebelumnya, saya pernah mengajar orang Vietnam dan Tunisia. Etos orang asing belajar bahasa Indonesia cukup tinggi. Untuk mahasiswa asing dari Filipina, mereka sangat semangat sekali belajar bahasa Indonesia.” Ungkap pria kelahiran Jepara, 22 Mei 1992 yang beralamat di Jl Tubagus Rt 04 Rw 01 Kerso Kedung Jepara. (Ahs)

Pengumuman

 

Agenda Seminar

Kuliah Perdana

UMK Buka Pendaftaran Jalur CBT

Achim
Student

Achim
Studen

Bob Stevenson
Stdent

Achim
Student

Achim
Student

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Highlight


Pengumuman


Kolom Opini


Agenda


E-pustaka

Pengunjung

00329926
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
51
69
51
328238
1688
3845
329926

IP: 192.168.1.34
Jam Server: 2019-12-08 11:58:46

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Desain - 20.5%
Warna - 18.2%
Menu - 13.6%
Tata Letak - 36.4%
Tidak Ada - 11.4%

Total votes: 44

Kami memiliki 10 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

qr code
Go to top