Keakraban Mahasiswa PBSI dan Romantisme Pantai Jimbaran

JIMBARAN- Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan kegiatan malam keakraban di pantai Kedonganan (Jimbaran), Rabu malam (3/10). Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Pulau Dewata, Bali.

 

Program KKL (Kuliah Kerja Lapangan) sendiri merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa, tak terkecuali oleh mahasiswa PBSI FKIP UMK. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 1 sampai 5 Oktober 2018 tersebut diikuti oleh 5 dosen PBSI, seorang karyawan FKIP, serta 57 mahasiswa PBSI, yang terdiri dari semester 5 dan 3.

 

Dalam acara KKL tersebut, prodi PBSI melakukan beberapa agenda, seperti kunjungan ke Undiksha yang merupakan perguruan tinggi mitra dari PBSI UMK, berkunjung ke beberapa tempat wisata di pulau Bali, dan puncaknya adalah malam keakraban yang dilakukan di pantai Jimbaran.

 

Menurut Ibad, salah satu mahasiswa PBSI yang mengikuti program KKL tersebut, kegiatan malam keakraban yang dilakukan di pantai Jimbaran membuat rasa kekeluargaan Prodi PBSI FKIP UMK semakin erat. Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut juga dapat mengurangi rasa canggung antara mahasiswa semester 3 dengan semester 5 atau sebaliknya. Begitu pun antara mahasiswa dengan dosen.

 

“Saya sangat senang dengan diadakannya acara malam keakraban PBSI ini. Ini merupakan acara yang sudah dinanti-nantikan. Apalagi, dengan adanya acara ini dapat menambah rasa kekeluargaan keluarga besar PBSI.” Ujar Ibad ketika ditemui di Hotel, usai acara makrab.

 

“Ditambah lagi, kegiatan ini bisa mengurangi kecanggungan antara adik kelas dengan kakak kelas atau sebaliknya. Antara mahasiswa dengan dosen semakin erat juga.” Sambungnya.

 

Malam keakraban itu sendiri digelar dalam balutan nuansa makan malam bersama di tepi pantai Jimbaran Bali yang indah, dengan diiringi pesta musik organ tunggal dan gemerlap pesta kembang api. Hal ini membuat peserta malam keakraban merasa nyaman dan ingin berlama-lama hanyut dalam kegiatan ini. “Suasananya sangat enak. Apalagi tema kegiatan ini adalah makan malam di pinggir pantai Jimbaran, diiringi musik koplo, dan kembang api yang sangat gemerlap. Ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa.” ujar Maulana, mahasiswa PBSI semester 5. (Ahmad K. Niam)