Menghargai Jasa Para Pahlawan Oleh Reza Sukma Dewi Putri

Masih ingatkah kalian tanggal 10 November hari apa? Bagus jika masih ingat, tanggal 10 November merupakan hari pahlawan, dan apakah kalian ingat dengan semua yang telah para pahlawan lakukan untuk Negara kita ini? Mereka berjuang memerdekakan Negara Indonesia dengan bertaruh nyawa agar kita dapat seperti sekarang, hidup merdeka tanpa ada lagi penjajahan di bumi nusantara.

Pertanyaannya, apakah ada yang menghargai bagaimana perjuangan pahlawan terdahulu? Saat ini banyak para pemuda enggan perduli dengan hari pahlawan, karena menurutnya membuang waktu saja, mereka tidak sadar siapa yang membuat mereka dapat hidup tenang, tidur nyaman, tanpa ada rasa takut. Itu dari siapa? Dari pahlawan bukan? Makapenting bagikita harus mengingat bagaimana perjuangan dan pengorbanan mereka,walaupun tidak dapat seperti mereka setidaknya kita dapat menunjukkan kepedulian kita pada jasa-jasa mereka.

Banyak kita lihat saat ini setelah semakin meningkatnya teknologi informasi dan komunikasi para pemuda hanya mengungkapkan selamat di sosial media mereka contohnya “Selamat Hari Pahlawan” yang hanya bertujuan untuk dilihat orang dan agar seseorang beranggapan bahwa pemuda ini memiliki sikap Nasionalisme yang tinggi? Tidakkah ada kegiatan yang lebih dapat menghargai pahlawan seperti mengikuti upacara bendara dengan hikmat ataupun lainnya.

Sebuah lingkungan adalah salah satu faktor penting untuk penjunjang proses tumbuh kembang seseorang.Seseorangmenjadi baik atau buruk itu dapat dipengaruhiolehfaktor lingkungan. Lihat saja lingkungan saat ini sangat sulit kita jumpai sebuahkelompokyang memiliki tujuan baik, malah kadang lahir geng-geng motor yang amburadul yang meresahkan warga.Apakah sikap mereka inibentuk rasabersyukur atas kemerdekaan yang para pahlawan perjuangkan?Tentu bukan.

Bahkan para pahlawan banyak yang belum dapat merasakan apa yang mereka perjuangan, mereka gugur di medan perang, tapi yang hanya tinggal menikmati tidak tahu bersyukur dan menghargai sedikit saja jasa mereka. Sekarang berpikirlah sejenak dan mari kita mencoba memaknai dan menghargai jasa para pahlawan.Bentuknyatidak hanya memberikan kalimat selamat dimedia sosial saja. Ucapan selamat haru pahlawan saja tidak cukup,jika tidak kita tidak dapat meneladani sikappahlawan. Bentuk kita menghargai jasa mereka salah satunya dengan melakukan hal positif saatmomentum haripahlawan tiba.Jangan hanya ucapan saja, Tapi kita perlu melalui aksi nyata yang bisa memberikan kebermanfaatan bangsa masyarakat, bangsa, dan negara.

*Mahasiswi Prodi PBSI FKIP Universitas Muria Kudus