Mahasiswa PBSI UMK Ikuti Pembekalan PLP I

KUDUS - Mahasiswa semester IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) pada Selasa, (19/2) bertempat di Ruang Seminar, Gedung Rektorat lantai IV. Mata kuliah PLP merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa FKIP.

Peserta pembekalan PLP diikuti sebanyak 107 mahasiswa yang berasal dari 3 Program Studi, yaitu dari BK, PMAT, dan PBSI. Dengan rincian dari Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) sebanyak 43 mahasiwa, Program Studi Matematika (PMAT) sebanyak 27 mahasiswa, sedangkan dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) sebanyak 37 mahasiswa.

Pelaksanaan PLP I mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) akan dilaksanakan di delapan sekolah mitra, yaitu di SMA 1 Bae, SMA 2 Bae, SMA N 2 Kudus, SMA N 1 Jekulo, SMK PGRI Mejobo, SMK Raden Umar Said, SMP 5 Kudus, dan di SMP 3 Bae.

Dr. Slamet Utomo, M.Pd, selaku dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam sambutannya menyatakan bahwa, “Mahasiswa FKIP wajib mengikuti PLP baik PLP I dan PLP II.”

PLP I dimaksudkan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di sekolah sebagai berikut.Diantaranya melakukan pengamatan langsung  kultur sekolah. Melakukan pengamatan struktur organisasi dan tata kelola di sekolah. Pengamatan peraturan dan tata tertib sekolah. “Selain itu, mahasiswa dapat mengamati kegiatan-kegiatan ceremonial-formal di sekolah (misalnya: upacara bendera, rapat briefing). Pengamatan    kegiatan-kegiatan    rutin    berupa    kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuluer, dan melakukan pengamatan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.” Kata Dr. Sri Surachmi, M.Pd., selaku Wakil Dekan I FKIP UMK saat memberikan pembekalan PLP I.

Beliau juga menekankan agar mahasiswa dapat menjaga etika saat melakukan PLP I dengan menaati peraturan sekolah, disiplin, dan bersikap ramah terhadap pihak sekolah. “Mahasiswa yang melakukan PLP I, wajib menaati tata tertib PLP I antara lain menjaga dan menunjung tinggi nama baik Universitas Muria Kudus. Menaati peraturan-peraturan lain yang berlaku di sekolah tempat PLP, bersikap ramah, dan sebagainya.” Tambahnya. (Ahsin)