Prodi PBSI UMK Hadirkan Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. untuk Tinjau Kurikulum

UMK- Dalam rangka pemutakhiran kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman dan tuntutan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) menggelar tinjauan kurikulum, pada Sabtu (11/11/2021) di ruang VIP, gedung Rektorat lantai I Unversitas Muria Kudus (UMK).

Kegiatan tinjauan kurikulum Prodi PBSI tersebut menghadirkan Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, MPd. Selaku ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang juga menjadi dosen Prodi PBSI UNS.

“Dalam landasan pengembangan kurikulum,  penyusunan, dan pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) hendaknya berdasarkan pada pertimbangan yang kuat secara filosofis, psikologis, konseptual, teoretis, historis, dan yuridis,” tutur pria kelahiran Boyolali, 07 April 1962.

Guru besar bidang Pendidikan Bahasa Indonesia UNS tersebut datang ke kampus Universitas Muria Kudus didampingi istri. Beliau disambut ramah oleh Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd. selaku Kaprodi PBSI dan seluruh dosen PBSI UMK.

“Tujuan dilaksanakan tinjauan kurikulum tersebut yaitu untuk mendukung kualitas Prodi PBSI menuju unggul dan mempersiapkan mahasiswa Prodi PBSI menjadi lulusan yang siap untuk bersaing dalam dunia kependidikan dan berwirausaha,” ungkap Irfai.

Ristiyani, M.Pd. selaku moderator acara, membuka kegiatan tersebut dengan lancar. Setelah itu dilanjutkan kegiatan peninjauan kurikulum. Sarwiji memaparkan pentingnya rekontruksi kurikulum. Selain itu beliau juga meninjau kurikulum PBSI UMK, dengan memberikan banyak masukan dan saran.

Mengenai Kurikulum yang sudah diterapkan diharapkan dalam praktik pembelajaran mahasiswa harus bisa mengembangkan teori  dan Praktik. Dalam hal ini mahasiwa harus bisa menyusun strategi sesuai konsep yang akan dilakukan untuk memberikan hasil yang bermanfaat bagi Prodi dan Fakultas.

“Orang akan mengalami perubahan melalui fasilitas yang dia gunakan namun bukan menjadi esensi tapi juga untuk memberikan hasil yang berguna dan bermanfaat,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Dalam dimensi kurikulum juga terdapat tujuan tertentu yaitu mengenai rencana (Curriculum Plan) dan pembelajaran (Actual Curriculum) dan pastikan profil lulusan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan kebijakan harus mengacu pada CPL.”

Kegiatan tinjauan kurikulum tersebut berlangsung dengan lancar. Setelah acara selesai kemudian dilakukan foto bersama dengan semua dosen PBSI beserta Prof. Darsono, M.Si. selaku Rektor Universitas Muria Kudus.