Previous Next

Apa Kabar Skripsi?

Kudus- Skripsi adalah tugas akhir yang harus disusun mahasiswa dalam menyelesaikan program sarjana (S1). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah agar mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah (skripsi) sesuai dengan bidang yang sedang ditempuh. Mahasiswa mampu melakukan penelitian dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan.

Jumat, 7 Januari 2022, program studi PBSI melaksanakan sosialisasi skripsi bagi mahasiswa prodi PBSI semester 3 dan 5. Sosialisasi ini dilaksanakan di gedung J lantai 1 ruang 1.7 Universitas Muria Kudus dengan Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. selaku Ka prodi PBSI UMK dan Luthfa Nugraheni, M.Pd. selaku komisi skripsi PBSI UMK sebagai narasumber, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasi mahasiswa sedini mungkin agar bisa lulus tepat waktu, bahkan bisa menyelesaikan pendidikan dalam waktu 3,5 tahun (7 semester). Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan mengenai kebijakan-kebijakan baru program studi PBSI dalam syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa akan termotivasi untuk lulus 3,5 tahun dan dapat mempersiapkannya mulai sekarang.

Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. menyampaikan bahwa program studi PBSI FKIP UMK menerapkan kebijakan bahwa mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk memilih program dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi di prodi PBSI. Melalui konversi tiap kegiatan tersebut maka mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan karya yang dimilikinya. Ada tiga pilihan bagi mahasiswa yakni:

  1. Memilih program pengkajian (penulisan skripsi seperti biasanya yakni melalui pengajuan judul, bimbingan bab 1, 2, 3, ujian proposal dan ujian skripsi).
  2. Memilih program kreativitas yakni menulis artikel jurnal terindeks sinta 2, atau menulis karya sastra yakni novel.
  3. Mengikuti program PKM dengan lolos sampai didanai serta mengikuti kompetisi yang ada didalamnya.