Previous Next

Pembekalan PLP 1 Prodi PBSI FKIP UMK

Kudus- Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 merupakan aktivitas pengenalan lapangan mulai dari observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran. Untuk membekali mahasiswa semester 4 yang mengikuti kegiatan pengenalan lapangan persekolahan ini, program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan Pembekalan PLP 1 pada Kamis (17/3/2022) melalui ruang virtual zoom.

Pembekalan PLP 1 ini dipandu oleh Ibu Ristiyani, M.Pd. dan dihadiri oleh dosen PBSI dan mahasiswa semester 4. Pembekalan meliputi tujuan, persyaratan, pelaksanaan, tata tertib yang harus ditaati, sampai apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan di tempat PLP 1 juga disampaikan pada pembekalan pagi ini. Diingatkan juga bahwa pada PLP 1 ini mahasiswa fokus pada observasi dan praktik mengajar akan dilakukan pada PLP 2, namun jika memang harus membantu tenaga pendidik disana juga diperkenankan. Pada pembekalan ini tidak hanya membahas mengenai Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 namun, juga disinggung beberapa informasi mengenai KKL yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022.

Berdasarkan pembekalan ini diharapkan mahasiswa dapat paham apa saja yang perlu diperhatikan nanti saat sudah diterjunkan di lapangan. Mahasiswa dapat menjaga perilakunya dan selalu menjunjung nama baik Universitas Muria Kudus khususnya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.