Previous Next

Kudus- Setelah lama menanti, akhirnya SK Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus resmi turun pada Kamis (17/3/2022). Dosen tetap prodi PBSI yang sebelumnya ada 6 bertambah menjadi 9 Dosen tetap, dosen-dosen yang resmi bergabung adalah Dr. Ahmad Hariyadi, S.Sos.I., M.Pd., Dr. Agus Darmuki, M.Pd., dan Dr. Nur Alfin Hidayati, M.Pd..

Turunnya SK ini yang menandakan bergabungnya ketiga dosen diharapkan dapat memperkuat Prodi PBSI FKIP UMK menjadi lebih unggul dan berkualitas.

Previous Next

Kudus- Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 merupakan aktivitas pengenalan lapangan mulai dari observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran. Untuk membekali mahasiswa semester 4 yang mengikuti kegiatan pengenalan lapangan persekolahan ini, program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan Pembekalan PLP 1 pada Kamis (17/3/2022) melalui ruang virtual zoom.

Pembekalan PLP 1 ini dipandu oleh Ibu Ristiyani, M.Pd. dan dihadiri oleh dosen PBSI dan mahasiswa semester 4. Pembekalan meliputi tujuan, persyaratan, pelaksanaan, tata tertib yang harus ditaati, sampai apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan di tempat PLP 1 juga disampaikan pada pembekalan pagi ini. Diingatkan juga bahwa pada PLP 1 ini mahasiswa fokus pada observasi dan praktik mengajar akan dilakukan pada PLP 2, namun jika memang harus membantu tenaga pendidik disana juga diperkenankan. Pada pembekalan ini tidak hanya membahas mengenai Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 namun, juga disinggung beberapa informasi mengenai KKL yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022.

Berdasarkan pembekalan ini diharapkan mahasiswa dapat paham apa saja yang perlu diperhatikan nanti saat sudah diterjunkan di lapangan. Mahasiswa dapat menjaga perilakunya dan selalu menjunjung nama baik Universitas Muria Kudus khususnya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Previous Next

Kudus- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020 melaksanakan rapat perdana bersama sutradara pada Kamis (10/3/2022). Rapat ini membahas mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam suatu pementasan drama. Pementasan ini ada guna menunjang mata kuliah seni pertunjukan drama dan melatih mahasiswa dalam bermain peran di atas panggung dan di depan banyak orang. Ada tiga sutradara yang akan melatih mahasiswa, yaitu Mas Wareh, Mba Uplik, dan Mas Jesy.

Dari rapat pada Kamis (10/3/2022) sore ini di dapatkan hari-hari untuk mahasiswa latihan dipandu oleh sutradara masing-masing dengan kesepakatan dari setiap kelompok masing-masing. Diharapkan dari rapat pertama ini mahasiswa bisa lebih memahami mengenai pertunjukan drama dan bisa lebih mengakrabkan diri dengan sutradara yang akan membimbing seterusnya.

Kudus- Sabtu, 29 Januari 2022, tepatnya pukul 20.00 WIB s.d. selesai diadakan kegiatan Parade Puisi Mendedah Jumari oleh Panitia Tembang Puisi bagi Jumari yang bekerja sama dengan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus. Kegiatan ini bertempat di lapangan basket Universitas Muria Kudus dan dihadiri oleh peserta, mahasiswa, dan umum, namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Kata wali adalah sebutan yang cocok untuk Jumari, tingkah lakunya tidak terduga tapi dia berani atas konsekuensinya baik yang membahayakan fisik sampai pikiran, ga ada rasa takut ga ada rasa susah. Satu kata lagi yang cocok untuk Jumari yaitu abnormal, jika anda menjadi orang yang normal maka kalian tidak akan dikenal, cari jejak Jumari di sini dan buat jejak-jejak anda sendiri”, tuturan Sosiawan Leak yang merupakan salah satu kerabat dan teman dekat dari sang penyair Jumari. Dari penuturan ini kita harus bisa menjadi seperti sang Jumari, sifatnya yang berani patut untuk dicontoh.

Kegiatan ini tidak hanya berisi sesi mendedah sang Jumari dari para kerabatnya, namun juga diselingi oleh game singkat. Ini merupakan permainan yang terdiri dari sembilan orang yang berasal dari hadirin yang bersedia maju ke depan, kemudian dibagi menjadi tiga tim. Setiap tim harus menjawab pertanyaan yang diajukan moderator berdasarkan buku yang mereka pegang. Sebagai hadiah karena sudah bersedia maju, setiap orang diberi satu buku karya Bapak Jumari.

Setelah itu, satu per satu kerabat Pak Jumari maju ke depan untuk membaca puisi dan acara ditutup dengan pengumuman 5 orang pemenang baca puisi. Diharapkan dengan adanya kegiatan Parade Puisi Mendedah Jumari ini dapat meningkatkan semangat untuk terus berkreasi juga diharapkan masyarakat dapat mengenal bagaimana sosok Bapak Jumari.

Kudus- Rabu, 26 Januari 2022, setelah dari Radio Republik Indonesia Surakarta, Dosen dan Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Dekan FKIP UMK yaitu Bapak Drs. Sucipto, M.Pd., Kons beralih menuju ke Wisma Bahasa Yogyakarta untuk keperluan yang sama yaitu Perjanjian Kerja sama. Pihak pertama dari PKS ini adalah Drs. Sucipto, M.Pd., Kons dan pihak kedua yaitu Agus Soehardjono, S.S., M.M. selaku Direktur Wisma Bahasa Yogyakarta.

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama untuk saling menunjang tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). PKS ini berlaku sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama.  

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat mempererat hubungan FKIP Universitas Muria Kudus terutama Program Studi PBSI dengan Wisma Bahasa Yogyakarta. Selain itu, diharapkan PKS ini dapat menunjang implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Muria Kudus.

Previous Next

Kudus- Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMK melaksanakan kegiatan bimbingan proposal Program Kreativitas Mahasiswa. Bimbingan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 5 dan 7 Februari 2022 oleh dosen program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Arsya Yoga Pratama, S.Kom. di gedung J lantai 1 ruang 7 dan 9 Universitas Muria Kudus.

Pada hari pertama seluruh mahasiswa dibimbing untuk mengerjakan proposal PKM mulai dari daftar isi, bab 1, bab 2, sampai lampiran-lampiran. Pada hari kedua, dilaksanakan bimbingan bagi mahasiswa yang belum menyelesaikan proposal dan menyesuaikan proposal sesuai dengan buku panduan program kreativitas mahasiswa.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi. Diharapkan juga proposal-proposal mahasiswa dapat lolos seleksi dan dapat melanjutkan ke pimnas.

Kudus- Panitia Tembang Puisi bagi Jumari merupakan panitia yang terbentuk sehari setelah penyair Jumari Hs wafat. Terbentuk atas dorongan batin yang kuat untuk menandai dan mengantarkan kepergian sang penyair melalui karya antologi puisi. Panitia ini terdiri dari Mukti Sutarman Espe, Sosiawan Leak, Jimat Kalimasadha, dan Tiyo Ardianto.

Sabtu, 29 Januari 2022, Panitia Tembang Puisi bagi Jumari bekerja sama dengan Program studi PBSI UMK menyelenggarakan Sayembara Baca Puisi “Tembang Puisi bagi Jumari”. Sayembara ini bertempat di gedung G lantai tiga ruang seminar dengan 3 juri yaitu Bapak Mukti Sutarman Espe, Bapak Sosiawan Leak, dan Bapak Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin M.Pd,.. Ada 45 peserta yang berasal dari Kudus, Jepara, Banyumas, Kendal, Semarang, Rembang, Demak, Salatiga, Surakarta, dan daerah lainnya. Setiap peserta memiliki ciri khas masing-masing dalam membacakan puisi, namun hanya 5 peserta yang dipilih sebagai juara baca puisi ini. Diharapkan dengan adanya sayembara ini masyarakat Indonesia khususnya Kudus dapat mengingat sosok Jumari Hs dan dapat terinspirasi agar menjadi seorang yang berani seperti sang penyair.

Kudus- Pada hari ketiga tepatnya tanggal 26 Januari 2022, Dosen dan Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Dekan FKIP UMK yaitu Bapak Drs. Sucipto, M.Pd., Kons melanjutkan menuju ke Radio Republik Indonesia Surakarta untuk keperluan yang sama yaitu Perjanjian Kerja sama.

Rombongan dari Universitas Muria Kudus disambut dengan ramah disana juga diajak berkeliling untuk melihat Radio Republik Indonesia Surakarta. Namun, penandatanganan Perjanjian Kerja sama belum bisa dilakukan dikarenakan ketua Radio Republik Indonesia Surakarta sedang tidak di tempat dan draf PKS ada yang perlu di perbaiki dari pihak RRI Surakarta. Meskipun belum ditandatangani, diharapkan dengan pertemuan ini dapat mempererat hubungan FKIP Universitas Muria Kudus terutama Program Studi PBSI dengan Radio Republik Indonesia Surakarta.

Subcategories

Page 3 of 9