Kudus- Selasa, 25 Januari 2022, setelah dari Indonesian Television Journalist Association (IJTI), Dosen dan Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Dekan FKIP UMK yaitu Bapak Drs. Sucipto, M.Pd., Kons beralih menuju ke Kampung Dongeng Jombang, Jawa Timur untuk keperluan yang sama yaitu Perjanjian Kerja sama. Pihak pertama dari PKS ini adalah Drs. Sucipto, M.Pd., Kons dan pihak kedua yaitu Zakaria Ahmad Efendi selaku Ketua Kampung Dongeng Jawa Timur.

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama untuk saling menunjang tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). PKS ini berlaku sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama. 

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat mempererat hubungan FKIP Universitas Muria Kudus terutama Program Studi PBSI dengan Kampung Dongeng Jawa Timur. Selain itu, diharapkan PKS ini dapat menunjang implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Muria Kudus.

Kudus- Setelah menyelesaikan perjanjian kerja sama ditiga tempat, keesokan harinya di hari Selasa, 25 Januari 2022, Dosen dan Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Dekan FKIP UMK yaitu Bapak Drs. Sucipto, M.Pd., Kons berangkat menuju ke Indonesian Television Journalist Association (IJTI) untuk keperluan yang sama yaitu Perjanjian Kerja sama. Pihak pertama dari PKS ini adalah Drs. Sucipto, M.Pd., Kons dan pihak kedua yaitu Dr. Teguh Hadi Prayitno, MM, M.Hum, MH. selaku Ketua Indonesian Television Journalist Association.

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama untuk saling menunjang tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). PKS ini berlaku sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat mempererat hubungan FKIP Universitas Muria Kudus terutama Program Studi PBSI dengan Indonesian Television Journalist Association. Selain itu, diharapkan PKS ini dapat menunjang implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Muria Kudus.

Kudus- 24 Januari 2022, setelah menyelesaikan perjanjian kerja sama dengan pihak Persatuan Wartawan  Indonesia dan Suara Baru, Dosen dan Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Dekan FKIP UMK yaitu Bapak Drs. Sucipto, M.Pd., Kons beralih ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah untuk keperluan yang sama yaitu Perjanjian Kerja sama sekaligus membahas rencana kerja kedua belah pihak. Pihak pertama dari PKS ini adalah Drs. Sucipto, M.Pd., Kons dan pihak kedua yaitu Dr. Ganjar Harimansyah selaku Kepala Balai Bahasa provinsi Jawa Tengah.

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama untuk saling menunjang tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). PKS ini berlaku sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama. Namun, ada sedikit perbaikan dari draf PKS yang dibawa dari pihak Balai Bahasa Jawa Tengah. Setelah semua sudah diperbaiki baru kedua pihak menandatangani PKS.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat mempererat hubungan FKIP Universitas Muria Kudus terutama Program Studi PBSI dengan Suara Baru Jawa Tengah. Selain itu, diharapkan PKS ini dapat menunjang implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Previous Next

Kudus- Selasa, 11 Januari 2022 program studi PBSI melaksanakan rapat dalam rangka penyempurnaan kurikulum program MBKM. Kegiatan ini bertempat di Seaside Villa & Muse Beach Resto Jepara dan diikuti oleh dosen prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta mahasiswa PBSI.

Rapat ini membahas mengenai program magang dan asistensi mengajar mahasiswa prodi PBSI. Program ini bisa diikuti mulai semester 5 dengan beberapa pilihan, yaitu magang jurnalistik dan magang kepenyiaran radio. Nantinya mahasiswa juga akan mengikuti program kewirausahaan yang ada pada semester 7, program ini meliputi kewirausahaan pada bidang bahasa dan sastra, salah satunya mengenai mendongeng yang pastinya akan dipraktikkan oleh mahasiswa.

Melalui diskusi yang mendalam dan kebutuhan di lapangan maka penyempurnaan kurikulum PBSI FKIP UMK ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan  hubungannya dengan input dan output mahasiswa, terutama mengenai keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa agar mahasiswa program studi PBSI siap untuk menghadapi dunia kerja.

Previous Next

Kudus- Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan sosialisasi “Sukses Lolos Pendanaan PKM Kemendikbud-Direktorat Belmawa 2022”. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Januari 2022, di ruang seminar gedung J lantai 5 dengan Arsya Yoga Pratama, S.Kom. sebagai pemateri. Kegiatan ini diadakan secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. ketua program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memaparkan bahwa kegiatan sosialisasi PKM ini dilaksanakan agar mahasiswa siap sejak dini untuk menuangkan ide kreatifnya dalam menulis karya ilmiah. Melalui pembekalan PKM ini diharapkan dapat menghasilkan 40 proposal PKM dari program studi PBSI untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan PKM.

Sosialisasi ini diadakan dengan tujuan memantik mahasiswa PBSI untuk membuat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Harapannya PKM yang disusun mahasiswa dapat lolos pendanaan PKM Kemendikbud - Direktorat Belmawa Tahun 2022.

Kudus- 24 Januari 2022, sekitar pukul 06.30 WIB Dosen dan Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Dekan FKIP UMK yaitu Bapak Drs. Sucipto, M.Pd., Kons berangkat dari Kudus datang ke Persatuan Wartawan  Indonesia Jawa Tengah untuk keperluan Kerja sama. Perjanjian diawali dengan bincang-bincang ringan, kemudian dibuka oleh Ibu Ristiyani, M.Pd. dan dilanjut dengan sambutan Dekan FKIP dan Ka. Prodi PBSI serta dari pihak PWI. Pihak pertama dari PKS ini adalah Drs. Sucipto, M.Pd., Kons dan pihak kedua yaitu Amir Mahmud, S.H., M.H. selaku ketua PWI Jawa Tengah.

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama untuk saling menunjang tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). PKS ini berlaku sejak ditandatanganinya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu 5 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat mempererat hubungan FKIP Universitas Muria Kudus terutama Program Studi PBSI dengan Persatuan Wartawan  Indonesia Jawa Tengah. Selain itu, diharapkan PKS ini dapat menunjang implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Previous Next

Kudus- Hari Senin, 10 Januari 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan validasi kurikulum di meeting room lantai 2 restoran sederhana masakan padang Solo. Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Sarwidji Suwandi, M.Pd. sebagai peninjau kurikulum yang ada di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu, rapat juga dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah di prodi PBSI.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengarahan atau keputusan yang paling sesuai untuk program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kedepannya. Selain melaksanakan validasi kurikulum, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan diskusi dan bincang singkat sebagai sarana mempererat hubungan PBSI UMK dengan Universitas Sebelas Maret yang diwakili oleh Prof. Dr. Sarwidji Suwandi, M.Pd.

Previous Next

Kudus- Skripsi adalah tugas akhir yang harus disusun mahasiswa dalam menyelesaikan program sarjana (S1). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah agar mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah (skripsi) sesuai dengan bidang yang sedang ditempuh. Mahasiswa mampu melakukan penelitian dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan.

Jumat, 7 Januari 2022, program studi PBSI melaksanakan sosialisasi skripsi bagi mahasiswa prodi PBSI semester 3 dan 5. Sosialisasi ini dilaksanakan di gedung J lantai 1 ruang 1.7 Universitas Muria Kudus dengan Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. selaku Ka prodi PBSI UMK dan Luthfa Nugraheni, M.Pd. selaku komisi skripsi PBSI UMK sebagai narasumber, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasi mahasiswa sedini mungkin agar bisa lulus tepat waktu, bahkan bisa menyelesaikan pendidikan dalam waktu 3,5 tahun (7 semester). Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan mengenai kebijakan-kebijakan baru program studi PBSI dalam syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa akan termotivasi untuk lulus 3,5 tahun dan dapat mempersiapkannya mulai sekarang.

Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. menyampaikan bahwa program studi PBSI FKIP UMK menerapkan kebijakan bahwa mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk memilih program dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi di prodi PBSI. Melalui konversi tiap kegiatan tersebut maka mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan karya yang dimilikinya. Ada tiga pilihan bagi mahasiswa yakni:

  1. Memilih program pengkajian (penulisan skripsi seperti biasanya yakni melalui pengajuan judul, bimbingan bab 1, 2, 3, ujian proposal dan ujian skripsi).
  2. Memilih program kreativitas yakni menulis artikel jurnal terindeks sinta 2, atau menulis karya sastra yakni novel.
  3. Mengikuti program PKM dengan lolos sampai didanai serta mengikuti kompetisi yang ada didalamnya.

Subcategories

Page 4 of 9