Previous Next

Kudus- Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMK merupakan salah satu program studi yang berhasil mendapatkan akreditasi B dalam pengajuan akreditasi pertamanya. Meskipun masih muda, namun prodi PBSI sudah diwarnai dengan sederet pencapaian dan presentasi.

Kamis, 30 Desember 2021, genap sudah enam tahun usia program studi PBSI sejak 30 Desember 2015. Untuk merayakannya prodi PBSI mengadakan tumpengan di Lapangan Basket Universitas Muria Kudus. Tidak hanya pemotongan tumpeng namun, perayaan ulang tahun PBSI juga dimeriahkan dengan pembacaan histori PBSI dan pementasan seni dari mahasiswa PBSI, Hima FKIP, Ormawa, dan dari tamu lainnya.

Acara ini berlangsung meriah dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Diharapkan dengan adanya acara ini prodi PBSI lebih dikenal oleh mahasiswa dan masyarakat.

Kudus- YouTube merupakan salah satu situs web berbagi video yang banyak diminati masyarakat, karena selain untuk berbagi video, YouTube juga digunakan sebagai media promosi, membagikan lagu, bahkan media ini juga bisa menghasilkan “materi” (finansial) melalui video-video yang diunggah.

Pada Jumat, 24 Desember 2021, program studi PBSI UMK mengadakan pelatihan YouTube. Pelatihan ini dipandu oleh pemilik akun YouTube Ladang Tutorial yaitu Pak Arsya Yoga Pratama, S. Kom. Melalui pelatihan pengelolaan YouTube yang diadakan oleh prodi PBSI diharapkan dapat meningkatkan skill mahasiswa dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengelolaan media YouTube PBSI menjadi lebih baik lagi.

Kudus- Rabu, 22 Desember 2021, dalam rangka memperingati hari ibu, HISKI (Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia) Komisariat Universitas Muria Kudus menyelenggarakan Webinar Sastra yang bertemakan “Proses Kreatif Penyair Wanita” dengan ibu Emi Suy seorang penyair Jakarta sebagai narasumbernya.

Banyak hal yang disampaikan narasumber pada webinar sastra ini, mulai dari sumber munculnya inspirasi menulis puisi, proses membuat puisi hingga hal-hal yang diperhatikan dalam sebuah puisi itu sendiri. Tidak hanya itu, narasumber juga memberikan tips-tips untuk menjadi seorang penulis yang produktif dan konsisten.

Webinar Sastra “Proses Kreatif Penyair Wanita” yang diadakan dalam rangka memperingati hari ibu ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peserta yang hadir pada webinar ini. Selain itu, diharapkan juga dapat menambah semangat dan kreatifitas peserta dalam menulis puisi.

Kudus- BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adakan lomba dengan tema “Rise and Shine” pada tanggal 11-12 Desember 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh BEM FKIP. Ada empat perlombaan yang ada di dalam kegiatan tersebut, yaitu mobile legend, orasi, debat, dan futsal.

Peserta lomba adalah seluruh mahasiswa FKIP. Perlombaan berjalan dengan lancar dan meriah. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2021 (siang). Pada perlombaan yang diselenggarakan oleh BEM FKIP ini mahasiswa PBSI berhasil memenangkan dua perlombaan. Perlombaan pertama adalah Orasi dengan tema “Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus” yang berhasil memperoleh juara pertama dan membawa piala serta sertifikat sebagai hadiah. Perlombaan kedua yang dimenangkan adalah debat dengan perolehan juara dua.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menambah kekompakan dan mengembangkan skill mahasiswa FKIP terutama dalam bidang yang dilombakan. Mahasiswa program studi PBSI selalu ikut serta pada tiap perlombaan dan eksis dalam meningkatkan minat mahasiswa.

Kudus- Pada hari jumat, 10 Desember 2021, prodi PBSI FKIP Universitas Muria Kudus melakukan studi banding ke prodi Diksasindo FIB Universitas Brawijaya, Malang. Studi banding ini terkait dengan kegiatan yang ada di prodi Diksasindo Universitas Brawijaya untuk meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efisien, lebih bermakna dan memiliki luaran disetiap mata kuliahnya. Sistem itu harus ringkas dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran, seperti di PBSI yang nantinya kurikulum dan mata kuliah yang ada difokuskan untuk menghasilkan luaran-luaran disetiap perkuliahan.

Dosen PBSI UMK bertemu dengan dosen Diksasindo UB, sedangkan perwakilan mahasiswa PBSI UMK dan Diksasindo UB saling berbagi pengalaman dan pandangan mengenai program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di gazebo Universitas Brawijaya. Tidak hanya itu, perwakilan mahasiswa dari masing-masing Universitas juga saling menampilkan baca puisi karya sendiri maupun karya sastrawan Indonesia lainnya.

Dengan adanya kegiatan studi banding ini, diharapkan hubungan antara prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muria Kudus dan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Diksasindo) Universitas Brawijaya, Malang semakin sinergis. Diharapkan juga dengan adanya kunjungan ini pengalaman dan pandangan mahasiswa mengenai bahasa dan sastra Indonesia semakin luas, juga diharapkan dapat menghasilkan luaran-luaran dalam setiap perkuliahan.

Previous Next

Kudus- Himpunan mahasiswa PBSI Universitas Muria Kudus melaksanakan pelantikan pengurus HIMA PBSI periode 2021-2022 pada Rabu, 22 Desember 2021, bertempat di gedung G lantai tiga ruang seminar UMK. Acara ini dihadiri oleh ketua prodi PBSI Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.

Ada 25 mahasiswa yang dilantik menjadi pengurus HIMA PBSI periode 2021-2022, dengan Moh Septiawan Maulana sebagai ketua dan Lusiana Fitriani sebagai wakil ketua. Mahasiswa dilantik langsung oleh ketua prodi PBSI UMK.

Pergantian kepengurusan dalam suatu organisasi merupakan satu hal yang penting. Dengan adanya reorganisasi diharapkan dapat membawa perubahan bagi organisasi menjadi lebih baik dan dapat menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana yang telah ditetapkan. Diharapkan juga dengan adanya pergantian kepengurusan Himpunan Mahasiswa PBSI ini dapat membantu mengembangkan program studi PBSI menjadi lebih berkembang.

Previous Next

Kudus- Prodi PBSI Universitas Muria Kudus melakukan kunjungan ke prodi PBSI Universitas Pendidikan Indonesia dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2021. KKL di UPI Bandung ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa PBSI agar semakin unggul dan bapak ibu dosen bisa melakukan kerjasama terkait dengan Tri Dharma berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan selama KKL berlangsung, dimulai dari seminar nasional di UPI Bandung, diskusi dosen PBSI UMK dengan UPI, diskusi mahasiswa HIMA PBSI UMK dengan UPI, dan ditutup dengan eksplor lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Pada kegiatan seminar nasional dihadirkan tiga pemateri, yaitu  Dr. H. Khaerudin K. selaku Kaprodi PBSI FPBS Universitas Pendidikan Indonesia dengan materinya yang berjudul “Menjadi Guru Profesional”, Dr. Isah Cahyani, M.Pd. dengan materinya yang berjudul “Pendidikan Humanis pada Era Digital”, dan bapak M. Noor Ahsin, M.Pd. selaku dosen PBSI UMK dengan materinya yang sangat menarik yaitu “ Tantangan dan Peluang Prodi PBSI terhadap Prospek Dunia Kerja dan Wirausaha Literasi”.

Semua yang dilakukan dalam proses seminar nasional ini adalah untuk menggali hal-hal yang dapat meningkatkan kerja sama yang baik dari prodi PBSI UMK dan PBSI UPI. Harapannya kerja sama ini akan menjadi lebih terorganisir, baik mengenai prosesnya dibidang tri dharma seperti revewer jurnal, narasumber pada kegiatan seminar nasional atau pada bidang HISKI yang mana bisa saling berkolaborasi untuk melakukan pertukaran atau menjadi narasumber pada acara tersebut.

Kudus- Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan yang terbaik, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) bertempat di ruang dosen PBSI Universitas Muria Kudus pada Jumat, (19/11/2021).

 Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) kali ini diselenggerakan secara tatap muka oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) yang diikuti oleh seluruh dosen Prodi PBSI. Adapun tim auditor, yang bertugas yaitu Qomaruddin, S.T., M. T. selaku ketua tim, dengan 2 (dua) anggota, yaitu Nova Laili Wisuda, M. Sc. dan Zamrud Mirah Delima, S.E., M.Si., Akt.

 Dalam pelaksanaanya, kegiatan audit ini mengupas isian AMI dari kriteria pendidikan, kriteria penelitian dan kriteria pengabdian. Tim Auditor juga melakukan pengecekan barang bukti (barbuk) yang sudah disiapkan oleh seluruh anggota kepegawaian PBSI. Program Studi PBSI telah mempersiapkan semaksimal mungkin guna menghadapi AMI tahun 2021 ini, dengan dilihat dari kesiapan Program Studi PBSI dalam menyusun barang bukti setiap kriterianya. Kegiatan audit ini dimanfaatkan oleh Program Studi PBSI untuk mengevaluasi mutu dari program studi sehingga di masa yang akan datang bisa lebih baik.

  “Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah salah satu Prodi termuda di FKIP, untuk harapan kedepannya semoga Prodi PBSI bisa membuka Program S2, dan bisa menjadi salah satu prodi yang unggul”. Tutur Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd. selaku Ketua Prodi PBSI.

  “Kegiatan AMI ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Badan Penjaminan Mutu untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di seluruh program studi, khususnya di Prodi PBSI sesuai prosedur dan standar untuk meningkatkan mutu di Program Studi”.

 “Berbeda denga tahun-tahun sebelumnya. tahun ini AMI dilakukan secara tatap muka. Instrumen AMI yang digunakan pada tahun ini menggunakan instrumen dengan beberapa penyesuaian mengenai pertanyaan-pertanyaan yang mengadaptasi pada kriteria mutu”

 “Kegiatan ini dilakukan agar memberikan wawasan dan ilmu untuk kita semua khususnya untuk menjadikan prodi PBSI menjadi prodi yang berkualitas” tutur  Qomaruddin dalam sambutannya.     

 Dihadiri juga oleh Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. selaku Wakil Dekan III FKIP, hasil dari AMI ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi, sehingga seluruh program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan   terutama PBSI mampu melakukan Tridharma Perguruan Tinggi dengan lebih baik, dan mampu meraih akreditasi unggul.

Subcategories

Page 5 of 9