SEMINAR NASIONAL PERTEMUAN ILMIAH BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KE-43



Seminar Nasional PIBSI ke-43 diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus bekerjasama dengan ADOBSI (Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia), Balai Bahasa Jawa Tengah, dan PPJB SIP. tentu sangat penting dan bermanfaat.
Pandemi covid yang melanda Indonesia memiliki dampak yang cukup besar. Salah satu sektor yang terkena imbas pandemi adalah sektor pariwisata Indonesia. Saat pandemi, banyak objek wisata yang tutup, dunia usaha di sektor wisata terkena dampaknya. Berkaitan dengan itu, pada Seminar Nasional Kali ini, panitia mengangkat Tema, “Potensi Budaya, Bahasa Sastra dan Pembelajarannya untuk Pengembangan Pariwisata dan Industri Kreatif.

Tema tersebut diangkat sebagai upaya untuk memberikan sumbangsih pemikiran kaitannya dengan upaya memaksimalkan potensi budaya, bahasa, sastra dan potensi lainnya untuk pengembangan pariwisata di Indonesia. Pelaksanaan Seminar dilaksananakan secara daring menggunakan zoom. Seminar dilaksanakan hari Rabu, 13 Oktober 2021 dengan menghadirkan beberapa narasumber yaitu.

1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Dr. Ganjar Harimansyahh, M.Hum.
3. Dr. Sudaryanto
4. Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
5. Abidah El Khalieqy


Unduh Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-43 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muria Kudus

Unduh fullpaper Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-43

Cover Depan
Cover Dalam
Cover Belakang

Dewan Editor
Kata Pengantar
Sambutan Rektor
Dartar Isi

Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah terhadap Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan .................................................................1
Dewi Suprihatin, Ahmad Hariyadi dan Dwi Novaria Misidawati

E-Communication sebagai Penopang Media Sosial .........................................................13
Eva Ardiana Indrariani dan Nanik Setyawati

Pengembangan Seni Sastra Melalui Diskusi Puisi bagi Karang Taruna ...............................20
Maharani Intan Andalas, Sumartini, dan Umi Rahayu

Pembelajaran Membaca Sastra (Puisi) dengan Menggunakan Metode Tugas Project Best Learning Berbantuan Media Auvisual .......................................................................................29
Isnaeni Praptanti, Noorliana, dan Hera Septriana

Analisis Nilai Moral Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari .....................42
Mukhammad Maulana Yusuf, Mila Roysa, Irfai Fathurohman

Pengaruh Teori Estetika Resepsi terhadap Kajian Filologis ..............................................48
Bani Sudardi

Kearifan Lokal dalam Tradisi Manten Mubeng Gapura di Desa Loram Kulon ......................58
Nadya Ekanasari, Irfai Fathurohman, dan Luthfa Nugraheni

Analisis Konflik Batin dalam Novel Saddha Karya Syahid Muhammad ..............................65
Syifa Fauzia Saputri, Irfai Fathurohman dan Muhammad Noor Ahsin

Characters and Moral Education Throughpopular Culture Events ..............................72
Piping Rahadianto, Novi Anoegrajekti, dan Siti Gomo Attas

Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia: Gerakan Anti Verbal Bullying ...............91
Durotun Nafisa, Muhammad Noor Ahsin, dan Luthfa Nugraheni

Nilai Budaya dalam Sedekah Laut untuk Menumbuh Kembangkan Rasa Religiusitas Masyarakat di Era Digital.............................101
Via Berliantin Wino Tunggasmara, Mohammad Kanzunnudin, dan Luthfa Nugraheni

Tindak Tutur Menyarankan Youtuber dalam Reviu Moda Transportasi Umum Darat...................................................................................................114
Miftah Nugroho


Nilai Religius dalam Tradisi Buka Luwur Makam Syekh Jangkung Kayen Pati.........120
Merli Marlinten, Moh. Kanzunnudin, dan Muhammad Noor Ahsin

Panggung Ngepringan: Media Baru Pelestarian Folklor di Kampung Budaya Piji Wetan Kudus........................................................................................................................126
Tsania Laila Magfiroh, Maryam Sri Muhaimini, dan Main Sifanti

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Program Studi Sastra Indonesia UAD Antara Realita dan Harapan...................................134
Ani Yuliati

Language Play and Religion ..........................................................................................140
I Dewa Putu Wijana

Nilai – Nilai Kearifan Lokal dalam Tradisi Buka Luwur Makam Raden Ayu Dewi Nawangsih di Desa Kandangmas......................................................................149
Anggi Saslinasti, Mohammad Kanzunnudin, dan Muhammad Noor Ahsin

Nilai Sosial dalam Novel Eavesdrop Karya Leefe sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA .................................................................155
Gita Sabila, Irfai Fathurohman, dan Ristiyani

Analisis Nilai Moral Film Tilik Karya Wahyu Agung Prasetyo......................................166
Nurul Afifah, Mohammad Kanzunnudin, dan Irfai Fathurohman

Analisis Unsur Budaya Buku Ajar Bikom: Bipa Komunikasi Perkantoran Pemula..............................................................................................................173
Shofiyaturrosyidah, Mohammad Kanzunnudin, dan Muhammad Noor Ahsin

Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Fourtwnty pada Album Ego dan Fungsi Otak sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa di Sekolah...................................181
Dewi Noor Aisyah, Muhammad Noor Ahsin, dan Mila Roysa

Media Pembelajaran Virtual Menggunakan Teknik Parafrase pada Pembelajaran Menulis Puisi B di Perguruan Tinggi ..............................................194
Siti Fatimah dan Murywantobroto

Makna Konotatif dalam Novel Trilogi Karya Ahmad Tohari: Sebuah Keganjilan Teks Sastra.................204
Asropah

Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar sebagai Bahan Ajar Bahasa dan Sastra di SMA ..............................................................215
Anisa Fitriani, Irfai Fathurohman, dan Luthfa Nugraheni,

Nilai Moral dalam Novel Ayah sebagai Pembentukan Karakter Anak di Era Disruptif...................................................................228
Rinta Ayu Harfina, Mohammad Kanzunnudin, dan Luthfa Nugraheni


Kevariasian Bahasa dalam Iklan Kuliner Khas Semarang di Website...........................238
Nanik Setyawati dan Eva Ardiana Indrariani

Inovasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada Masa Pandemi Covid-19 .................................................................250
Jatut Yoga Prameswari, dan Dewi Indah Susanti

Kalimat Persuasif dalam Akun Instagram
Disporaparkabtegal dan Implikasinya .......259
Syamsul Anwar, dan Khusnul Khotimah

Transformasi Folklore Dhukutan menjadi Film Dokumenter: Sebuah Inspirasi di Era Industri Kreatif.................................................269
Asep Yudha Wirajaya

Penelusuran Tentang Makna ‘Kesempurnaan Jiwa’ dalam Karya Sastra Kitab Nusantara.............................................282
Istadiyantha

Aplikasi Unlalia Batik Troso Bermuatan Empat Keterampilan Berbahasa sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Disrubsi .................................................................292
Novi Auliana Putri, Muhammad Noor Ahsin, dan Luthfa Nugraheni

Iklan Layanan Masyarakat dengan Kearifan Lokal Sebagai Sarana Pencegahan Persebaran Covid 19 Di Jawa Tengah ............................................300
Rianna Wati dan Dwi Susanto

Revitalisasi Bahasa Indonesia pada Aplikasi Malang Menyapa sebagai Wujud Eskalasi Prestise Bahasa Indonesia Ranah Pariwisata..........................312
Ermira Nilansari Putri, dan Main Sufanti

Disfemisme Warganet tentang Pemasangan Baliho Tokoh Politik Indonesia di Tengah Pandemi....................................................329
Bakdal Ginanjar

Pemerolehan Bahasa Anak Balita ......................................................................................336
Siswanto PHM. dan R. Yusuf Sidiq Budiawan

Pergeseran Watak dan Pesan Moral Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih pada Era Digital........................................................347
Ubaidillah Amin Nurrohman, Devi Rafiyana, dan Main Sufanti

Mengenal Tegalerin....................................................361
Tri Mulyono

Problem dan Solusi Penerapan Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Menulis Artikel Ilmiah Secara Daring di Era Disruptif bagi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret......................................366
Sugit Zulianto


Eksplorasi Pembelajaran Hots dan TPACK Mahasiswa PPG Program Studi Bahasa Indonesia Upgris: Sebuah Inovasi di Era Digital......................375
Ngatmini dan Suyitno

Kajian Pragmatik dalam Karya Sastra .............................................................................382
Hadi Riwayati Utami

Keterbacaan Wacana pada Buku Teks
Sahabatku Indonesia untuk BIPA 3 dan BIPA 4 Berdasarkan Formula Grafik FRY...............................................................395
Septina Krismawati dan Rishe Purnama Dewi

Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pengalaman Pribadi Mahasiswa PBSI Universitas Sanata Dharma Bermedia Storybird................................................. 409
Rishe Purnama Dewi, Septina Krismawati, dan Dionisius Toni Setyobudi

Cerita Tutur sebagai Pembangun Destinasi Wisata Sejarah Kota Cepu.......................421
Sukarjo Waluyo

Developing Reading Assessment to Improve Students' Critical Literacy ......................435
Gumono

Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 sebagai Bahan Edukasi Karakter Berkebinekaan Global...................................................................................... 443
Main Sufanti, Panca Dewi Purwati, dan Jeni Nur Cahyati

Pariwisata dalam Bingkai Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)........................................458
Ari Kusmiatun

Wisata Virtual Ala’ Novel Habiburrahman El Shirazy...................................................476
Dedi Pramono

Alih Wahana Puisi di Panggung Media Sosial dan Perannya di
Post Truth Era...........486
Muhamad Haryanto, Nas Haryati Setyaningsih, dan Ida Zulaeha

Media Audio Visual Interaktif dalam Pembelajaran Retorika Dakwah di Perguruan Tinggi Islam: Antara Peluang dan Strategi Penerapannya .....................494
Umi Faizah, Bagiya, Kadaryati, dan Joko Purwanto

Kebiasaan Membaca Mahasiswa di Era Digital Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (Ppkm) Darurat Pandemi Covid-19.......................507
Titi Setiyoningsih, Iko Agustina Boangmanalu, dan Hubbi Saufan Hilmi

Bentuk dan Fungsi Eufemisme dalam Artikel Opini
Tempo.Co serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.........517
Annisa Fitriana Sabilla, Budhi Setiawan, dan Arif Setyawan

Menyingkap Tabir Humanistis dan Historis Temanggung dalam Antologi Puisi
Progo 5 karya 30 Penyair Temanggung........................................527
Theresia Pinaka Ratna Ning Hapsari, Zumrotul Mustaqimah


Kritik Terhadap Radikalisme dalam Komik Yesus dan Aku; Tinjauan Sosiologi Sastra....................................................................................................535
Muhammad Daniel Fahmi Rizal, Liana Shinta Dewi, Dan Muhammad Iqbal Khoironnahya

Penerapan PUEBI dalam Karya Ilmiah Guru Madrasah di Kabupaten Magelang.....547
Winasti Rahma Diani, Liana Shinta Dewi

Pengaruh Bahasa Daerah terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia di SMP Negeri 10 Magelang................................................................................................553
Ari Suryawati Secio Chaesar

Analisis Penggunaan Model
Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbantuan Youtube ...........................................................................................................562
Irfai Fathurohman

Cerita Rakyat sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal: Pembentukan Karakter pada Generasi Milenial .......................................................................................................572
Luthfa Nugraheni dan Ahmad Haryadi

Literasi Digital Bermuatan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Disruptif.......................................................................................................580
Leli Nisfi Setiana, dan Oktarina Puspita Wardani

Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Restoran S2 Semarang.....................................................................588
Rahmat Edy Pujono

Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Pandemi Covid-19 di Sekolah............594
Erwan Kustriyono

TERIMA KASIH
Kepada seluruh Pembicara, Peserta dan Presenter yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Seminar Nasional PIBSI Ke-43 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muria Kudus, serta kepada seluruh Panitia yang terlibat dalam Seminar Nasional ini.

Video Seminar PIBSI