Previous Next

Kudus- Mahasiswa semester 2 tahun 2021/2022 mengadakan kegiatan Mengenang Chairil Anwar dengan mengusung tema “Membangkitkan Jiwa Chairil Anwar Bagi Generasi Muda Melalui Puisi” pada Kamis (14/04/2022) di gedung Auditorium Universitas Muria Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sebagai luaran dari mata kuliah Kajian Puisi yang diampu oleh Bapak Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd. yang merupakan salah satu dosen prodi PBSI FKIP UMK.

Bukan hanya mengenang wafatnya sang penyair Chairil Anwar, namun kegiatan ini juga untuk merekatkan tali persaudaraan melalui buka bersama di bulan suci Ramadhan tahun 1443 H. Acara ini dimeriahkan dengan sederet kegiatan yang menarik. Urutan pertama ada Bedah Buku, bedah buku di moderatori oleh Ibu Ristiyani, M.Pd dan Bapak Muhammad Noor Ahsin, M.Pd. sebagai pembedah buku Antologi Puisi karya salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Isna Fatkhur Rohmah. Selanjutnya untuk memeriahkan acara ada penampilan tari dari Kudus yaitu tari kretek oleh empat mahasiswa prodi PBSI. Urutan acara selanjutnya adalah penampilan musikalisasi puisi dan pembacaan puisi dari dosen dan mahasiswa. Tidak hanya itu, pada malam ini juga diselingi permainan biola oleh pengrajin biola dari Kudus yaitu Mbah Min dan semakin dimeriahkan oleh penampilan Mba Dini yang berhasil membuat seluruh peserta ikut hanyut dalam nyanyiannya.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan jiwa-jiwa Chairil Anwar dalam diri mahasiswa, dapat mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa. Diharapkan juga pada kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat lebih meningkatkan kreativitasnya.

Previous Next

Kudus- Sehubungan akan dilaksanakan wisuda Universitas periode April 2022, Ikatan Alumni Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia hadir kembali dalam satu kegiatan untuk membimbing calon alumni prodi PBSI yang nantinya akan terjun ke dunia kerja. Mereka kembali dalam kegiatan Alumni is Back #2 dengan tema “Tips & Trik Lolos Interview dengan Nilai Maksimal”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ulam Sari Resto & Pemancingan dengan pemateri yang bernama Om Han. Dilaksanakan pukul 13.30 s.d. 16.30 WIB pada Kamis (31/3/2022).

Adanya kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali calon wisudawan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar mampu bersaing dan bisa menghadapi tantangan yang ada pada dunia kerja yang semakin sulit.

Previous Next

Kudus- Selasa (29/3/2022), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjembatani penutur asing belajar Bahasa Indonesia. Unit BIPA yang dikomandani oleh ibu Ristiyani, S.Pd., M.Pd selaku salah satu dosen prodi PBSI. Siap memberikan pembelajaran terhadap penutur asing tentang bahasa Indonesia dan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Program ini diadakan dengan harapan agar bahasa dan budaya-budaya yang ada di Indonesia semakin banyak dikenal di luar negeri.

Kudus- Dua mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMK Nissaul Azizah dengan judul Improving Language Stimulation in Children Aged 3 to 5 Years Through ANSORY WEB dan Isna Fatkhur Rohmah dengan judul The Development of “OPET” as Medium to Improve the Ability to Recognize Letters for Early Childhood, berhasil dapatkan Medali Silver dalam kompetisi Youth International Science Fair 2022 pada Kamis (17/3/2022). Youth International Science Fair (YISF) ini merupakan sebuah wadah untuk memunculkan inovasi dan ide kreatif dalam bentuk karya tulis bagi para peneliti muda. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai negara.

Berhasilnya dua mahasiswa PBSI meraih juara dalam kompetisi ini diharapkan dapat memupuk semangat mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk terus berinovasi dan berkarya. Sukses selalu mahasiswa PBSI FKIP UMK.

Previous Next

Kudus- Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 merupakan aktivitas pengenalan lapangan mulai dari observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran. Untuk membekali mahasiswa semester 4 yang mengikuti kegiatan pengenalan lapangan persekolahan ini, program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan Pembekalan PLP 1 pada Kamis (17/3/2022) melalui ruang virtual zoom.

Pembekalan PLP 1 ini dipandu oleh Ibu Ristiyani, M.Pd. dan dihadiri oleh dosen PBSI dan mahasiswa semester 4. Pembekalan meliputi tujuan, persyaratan, pelaksanaan, tata tertib yang harus ditaati, sampai apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan di tempat PLP 1 juga disampaikan pada pembekalan pagi ini. Diingatkan juga bahwa pada PLP 1 ini mahasiswa fokus pada observasi dan praktik mengajar akan dilakukan pada PLP 2, namun jika memang harus membantu tenaga pendidik disana juga diperkenankan. Pada pembekalan ini tidak hanya membahas mengenai Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 namun, juga disinggung beberapa informasi mengenai KKL yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022.

Berdasarkan pembekalan ini diharapkan mahasiswa dapat paham apa saja yang perlu diperhatikan nanti saat sudah diterjunkan di lapangan. Mahasiswa dapat menjaga perilakunya dan selalu menjunjung nama baik Universitas Muria Kudus khususnya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Previous Next

Kudus- Jumat (25/3/2022), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah yang diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi PBSI FKIP UMK dan masyarakat umum. Materi pelatihan ini dipaparkan oleh Dosen program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bapak Dr.Ahmad Hariyadi, S.Sos.I., S.Pd., M.M., M.Pd., dan dimoderatori oleh Bapak Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. Pelatihan ini diadakan agar mahasiswa dan masyarakat dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah dapat bersungguh-sungguh dan minim kesalahan.

Perlu diketahui bahwa Karya Ilmiah merupakan laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Dalam menyusun Karya Ilmiah butuh Motivasi dan disiplin yang tinggi, kemampuan mengolah data, kemampuan berpikir logis, sistematik, komprehensif, dan kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, pelatihan ini diadakan agar mahasiswa dan masyarakat dapat menulis artikel ilmiah dengan baik.

Previous Next

Kudus- Setelah lama menanti, akhirnya SK Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus resmi turun pada Kamis (17/3/2022). Dosen tetap prodi PBSI yang sebelumnya ada 6 bertambah menjadi 9 Dosen tetap, dosen-dosen yang resmi bergabung adalah Dr. Ahmad Hariyadi, S.Sos.I., M.Pd., Dr. Agus Darmuki, M.Pd., dan Dr. Nur Alfin Hidayati, M.Pd..

Turunnya SK ini yang menandakan bergabungnya ketiga dosen diharapkan dapat memperkuat Prodi PBSI FKIP UMK menjadi lebih unggul dan berkualitas.

Previous Next

Kudus- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2020 melaksanakan rapat perdana bersama sutradara pada Kamis (10/3/2022). Rapat ini membahas mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam suatu pementasan drama. Pementasan ini ada guna menunjang mata kuliah seni pertunjukan drama dan melatih mahasiswa dalam bermain peran di atas panggung dan di depan banyak orang. Ada tiga sutradara yang akan melatih mahasiswa, yaitu Mas Wareh, Mba Uplik, dan Mas Jesy.

Dari rapat pada Kamis (10/3/2022) sore ini di dapatkan hari-hari untuk mahasiswa latihan dipandu oleh sutradara masing-masing dengan kesepakatan dari setiap kelompok masing-masing. Diharapkan dari rapat pertama ini mahasiswa bisa lebih memahami mengenai pertunjukan drama dan bisa lebih mengakrabkan diri dengan sutradara yang akan membimbing seterusnya.

Subcategories

Page 1 of 7